RPP AKIDAH AKHLAK
PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK
MADRASAH
IBTIDAIYAH
KELAS I SEMESTER
2
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI :
Mata Pelajaran : Aqidah
Akhlak
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 2x40
menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
1.
Memahami kalimat thayyibah (basmalah) dan Al-Asma
al-Husna (Ar Rohman, ar Rohiim dan As Sami’)
B. Komepetensi Dasar
4.1.
Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (basmalah)
C. Materi Pembelajaran
§ Pengertian kalimat thayyibah basmalah
§ Arti kalimat basmalah
§ Penggunaan basmalah
§ Keistimewaan mengucapkan kalimat
basmalah
§ Akibat tidak membaca basmalah
§ Perbuatan yang harus dimulai dengan
membaca basmalah
§ Perbuatan
yang tidak harus dimulai dengan basmalah.
D. Metode Pembelajaran
§
Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§
Tanya jawab kalimat
thayyibah yang siswa ketahui
§
Diskusi
E. Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Tujuan
Pembelajaran :
§ Mengartikan
kalimat thayyibah melalui bertanya jawab
§ Mengidentifikasi
penggunaan kalimat basmalah
§ Mengidentifikasi
perbuatan yang harus dimulai dengan membaca basmalah.
§ Mengidentifikasi
perbuatan yang tidak harus dimulai dengan basmalah
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar kalimat thayyibah
Motivasi :
Memberikan informasi tentang kalimat thayyibah
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti :
§ Siswa
membaca literatur tentang kalimat thayyibah (fase eksplorasi)
§ Bertanya
jawab tentang kalimat thayyibah, (fase eksplorasi)
§ Siswa
diminta berdiskusi : menyebutkan kalimat
thayyibah (fase elaborasi)
§ Siswa
memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
§ Siswa
dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir
:
§ Tanya
jawab tentang kalimat thayyibah
§ Guru
memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
|
10 menit
|
F. Sumber belajar dan media pembelajaran :
- Buku
paket
- Lagu
basmalah
- TTS
- Hasil
kerja siswa
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menunjukkan
pengertian kalimat thayyibah basmalah
§ Mengartikan
basmalah
§ Menunjukkan
contoh penggunaan kalimat basmalah
§ Menjelaskan
keistimewaan mengucapkan basmalah
§ Menjelaskan
akibat tidak membaca basmalah ketika akan melakukan sesuatu.
|
Tes tulis
Tes lisan
|
Isian
Uraian
Perfor mance
|
§ Jelaskan
pengertian kalimat thayyibah basmalah!
§ Jelaskn
arti basmalah?
§ Apa keistimewaan
mengucapkan basmalah?
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
..............
, ...............................
Guru bidang
studi Aqidah Akhlaq
..........................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI :
Mata Pelajaran : Aqidah
Akhlak
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 2x40
menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
4.
Memahami kalimat thayyibah (basmalah) dan Al-Asma al-Husna (Ar Rohman, ar
Rohiim dan As Sami’)
B. Komepetensi Dasar
4.2.
Mengenal sifat-sifat Allah (Ar Rohman, ar Rohiim dan As Sami’) Melalui Kisah
Nabi Sulaiman dengan tentara semut
C. Materi Pembelajaran
§ Arti Ar Rohman, ar Rohiim dan As Sami’
§ Kisah Nabi Sulaiman a.s. dengan
tentara semut
§ Kasih sayang orang tua kepada anaknya
§ Kasih sayang induk hewan kepada anaknya
§ Cara Allah menumbuhkan pohon
D. Metode Pembelajaran
§
Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§
Tanya jawab kalimat
thayyibah yang siswa ketahui
§
Diskusi
E. Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Tujuan
Pembelajaran :
§ Siswa
dapat memahami tentang sifat Ar Rohman, Ar Rohiim dan As Sami’
§ Siswa
dapat memberikan contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat Ar Rohman, Ar
Rohiim dan As Sami’ Allah melalui kasih sayang orang tua kepada anaknya
(mulai mengandung, melahirkan sampai dewasa); induk hewan kepada anaknya;
pertumbuh-an tanaman
§ Mengrejakan
LKS
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar kalimat thayyibah
Motivasi :
Memberikan informasi tentang kalimat thayyibah
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti :
§ Siswa
membaca literatur tentang kalimat thayyibah (fase eksplorasi)
§ Bertanya
jawab tentang kalimat thayyibah, (fase eksplorasi)
§ Siswa
diminta berdiskusi : menyebutkan kalimat
thayyibah (fase elaborasi)
§ Siswa
memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
§ Siswa
dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir
:
§ Tanya
jawab tentang kalimat thayyibah
§ Guru
memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
|
10 menit
|
F. Sumber belajar dan media pembelajaran :
- Buku
paket
- Kartu
Al-Asma Al-Husna
- VCD
kisah Nabi Sulaiman a.s
- Keluarga
- Hewan
- Tumbuhan
- LKS
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Melafalkan
3 Al-Asma Al-Husna Ar Rohman, ar Rohiim dan As Sami’
§ Mengartikan
3 Al-Asma Al-Husna Ar Rohman, Ar Rohiim dan As Sami’
§ Menghafalkan
3 Al-Asma Al-Husna Ar Rohman, Ar Rohiim dan As Sami’
§ Mengambil
pelajaran dari kisah Nabi Sulaiman
a.s. dengan tentara semut
§ Menunjukkan
contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat Ar Rohman, Ar Rohiim dan As Sami’
melalui hasil ciptaan-Nya
|
Tes tulis
Tes lisan
|
Isian
Uraian
Perfor mance
|
§
Jelaskan
arti 3 Al-Asma Al-Husna Ar Rohman, Ar Rohiim dan As Sami’!
§
Tunjukkan
contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat Ar Rohman, Ar Rohiim dan As Sami’
melalui hasil ciptaan-Nya!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
..............
, ...............................
Guru bidang
studi Aqidah Akhlaq
..........................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI :
Mata Pelajaran : Aqidah
Akhlak
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 2x40
menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
5. Membiasakan akhlak terpuji
B. Komepetensi Dasar
5.1.
Membiasakan sikap ramah dan sopan santun dalam kehidupan sehari-hari
C. Materi Pembelajaran
§ Pengertian
sikap Ramah dan sopan santun
§ Cirri-ciri orang yang Ramah dan sopan santun
§ Hikmah
sikap Ramah dan sopan santun
D. Metode Pembelajaran
§
Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§
Tanya jawab akhlak
terpuji yang siswa ketahui
§
Diskusi
E. Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Tujuan
Pembelajaran :
§ Siswa
dapat mengartikan pngertian ramah dan sopan santun
§ Mengidentifikasi
perbuatan yang termasuk sikap ramah dan sopan santun
§ Siswa
dapat mengamati pemodelan tentang cirri-ciri
orang yang Ramah dan sopan santun
§ SIswa
dapat mngambil hikmah memiliki sikap Ramah dan sopan santun bagi dirinya dan
orang lain melalui kerja berpasangan dan presentasi kerja
§ Siswa
mempraktekkan bersikap ramah dan sopan santun dirumah
§ Siswa
mempraktekkan bersikap ramah dan sopan santun di Madrasah
§ Mengerjakan
LKSMengrejakan LKS
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar akhlak terpuji
Motivasi :
Memberikan informasi tentang akhlak terpuji
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti :
§ Siswa
membaca literatur tentang akhlak terpuji (fase eksplorasi)
§ Bertanya
jawab tentang akhlak terpuji,
(fase eksplorasi)
§ Siswa
diminta berdiskusi : menyebutkan
akhlak terpuji (fase elaborasi)
§ Siswa
memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
§ Siswa
dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir
:
§ Tanya
jawab tentang akhlak terpuji
§ Guru
memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
|
10 menit
|
F. Sumber belajar dan media pembelajaran :
- Buku
paket
- Prilaku
siswa
- TTS
- LKS
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menjelaskan
pengertian ramah dan sopan santun
§ Menyebutkan
contoh ramah dan sopan santun
§ Menjelaskan
cirri-ciri orang yang Ramah dan sopan
santun
§ Menjelaskan
hikmah memiliki sifat Ramah dan sopan santun
§ Menjelaskan
akibat tidak ramah dan sopan santun bagi dirinya maupun orang lain
§ Mempraktekkan
sikap Ramah dan sopan santun
|
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
|
Isian
Uraian
Unjuk kerja
|
§ Jelaskan
pengertian ramah dan sopan santun!
§ Jelaskan
ciri-ciri orang yang Ramah dan opan
santun!
§ Jelaskan
hikmah memiliki sifat Ramah dan sopan santun!
§ Jelaskan
akibat tidak ramah dan sopan santun bagi dirinya maupun orang lain!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
..............
, ...............................
Guru bidang
studi Aqidah Akhlaq
..........................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI :
Mata Pelajaran : Aqidah
Akhlak
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 2x40
menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
5. Membiasakan akhlak terpuji
B. Komepetensi Dasar
5.2.
Membiasakan berakhlak baik ketika berbicara dan meludah dalam kehidupan
sehari-hari.
C. Materi Pembelajaran
§ Etika
berbicara kepada orang yang lebih tua
§ Etika berbicara kepada teman sebaya
dan kepada adik
§ Etika ketika meludah
§ Dampak negatif tidak berakhlak baik
ketika meludah
D. Metode Pembelajaran
§
Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§
Tanya jawab akhlak
terpuji yang siswa ketahui
§
Diskusi
E. Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Tujuan
Pembelajaran :
§ Siswa membaca
refrensi tentang etika berbicara dan meludah secara individu
§ Siswa mengamati
pemodelan yang dilakukan siswa dengan gurunya
§ Siswa
dapat menjelaskan etika berbicara kepada orang yang lebih tua (orang tua,
guru, kakak)
§ Siswa
dapat menjelaskan etika berbicara kepada teman sebaya dan kepada adik
§ Siswa
dapat menjelaskan dampak negatif tidak berakhlak baik ketika berbicara dan
§ Mengerjakan
LKS
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar akhlak terpuji
Motivasi :
Memberikan informasi tentang akhlak terpuji
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti :
§ Siswa
membaca literatur tentang akhlak terpuji (fase eksplorasi)
§ Bertanya
jawab tentang akhlak terpuji,
(fase eksplorasi)
§ Siswa
diminta berdiskusi : menyebutkan
akhlak terpuji (fase elaborasi)
§ Siswa
memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
§ Siswa
dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir
:
§ Tanya
jawab tentang akhlak terpuji
§ Guru
memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
|
10 menit
|
F. Sumber belajar dan media pembelajaran :
- Buku
paket
- Pengalaman
siswa
- TTS
- LKS
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menjelaskan
pengertian etika berbicara dan meludah
§ Menyebutkan
etika berbicara kepada orang yang lebih tua (orang tua, guru, kakak)
§ Menyebutkan
etika berbicara kepada teman sebaya dan kepada adik
§ Menyebutkan
adab ketika meludah
§ Menjelaskan
dampak negatif tidak berakhlak baik ketika meludah
§ Menunjukkan
etika berbicara dan meludah
|
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
|
Isian
Uraian
Performance
|
§ Jelaskan
pengertian etika berbicara dan meludah!
§ Jelaskan
dampak negatif tidak berakhlak baik ketika meludah!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
..............
, ...............................
Guru bidang
studi Aqidah Akhlaq
..........................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MI :
Mata Pelajaran : Aqidah
Akhlak
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 2x40
menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
6. Menghindari
akhlak tercela
B. Komepetensi Dasar
6.1.
Membiasakan diri untuk menghindari berbicara jorok/kotor dan bohong dalam
kehidupan sehari-hari.
C. Materi Pembelajaran
§ Pengertian
ucapan/pembicaraan jorok/kotor dan bohong
§ Contoh
ucapan/pembicaraan jorok/kotor dan bohong
§ Cara
menghindari ucapan/pembicaraan jorok/kotor dan bohong
§ Dampak
negatif berbicara jorok/kotor dan bohong
D. Metode Pembelajaran
§
Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§
Tanya jawab akhlak
tercela yang siswa ketahui
§
Diskusi
E. Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Tujuan
Pembelajaran :
§ Siswa membaca
refrensi tentang etika berbicara dan meludah secara individu
§ Siswa
dapat mengartikan ucapan/pembicaraan jorok/kotor dan bohong melalui kerja
berpasangan
§ Siswa mendata
ucapan/pembicaraan jorok/kotor dan bohong melalui kerja berpasangan
§ Siswa
dapat menunjukkan contoh berbicara jorok/kotor dan bohong
§ Mengerjakan
LKS
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar akhlak tercela
Motivasi :
Memberikan informasi tentang akhlak tercela
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti :
§ Siswa
membaca literatur tentang akhlak tercela (fase eksplorasi)
§ Bertanya
jawab tentang akhlak tercela, (fase eksplorasi)
§ Siswa
diminta berdiskusi : menyebutkan akhlak tercela (fase elaborasi)
§ Siswa
memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
§ Siswa
dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir
:
§ Tanya
jawab tentang akhlak tercela
§ Guru
memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
|
10 menit
|
F. Sumber belajar dan media pembelajaran :
- Buku
paket
- Pengalaman
siswa
- TTS
- LKS
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menjelaskan
pengertian ucapan/pembicaraan jorok/kotor dan bohong
§ Menunjukkan
contoh berbicara jorok/kotor dan bohong
§ Menjelaskan
cara menghindari berbicara jorok/kotor dan bohong
§ Menjelaskan
cara menghindari berbicara jorok/kotor dan bohong
§ Menjelaskan
dampak negatif berbicara jorok/kotor dan bohong
|
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
|
Isian
Uraian
Performance
|
§ Jelaskan
pengertian ucapan/pembicaraan jorok/kotor dan bohong!
§ Jelaskan
cara menghindari berbicara jorok/kotor dan bohong!
§ Jelaskan
dampak negatif berbicara jorok/kotor dan bohong!ok
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
..............
, ...............................
Guru bidang
studi Aqidah Akhlaq
..........................................
NIP.
|
Comments
Post a Comment