CONTOH PROPOSAL PENGAJUAN JUDUL SKRIPSI R AND D
PROPOSAL
PENGAJUAN JUDUL SKRIPSI UNTUK MEMENUHI TUGAS UNTUK MEMPEROLEH GELAR SARJANA
S1(S.Pd)
Di susun oleh :
Nama
: Mustar
Febrianto
NPM
: 1411100227
Jurusan :
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Tahun Ajaran 2017 M/1438 H
PENERAPAN
APLIKASI TARTIK (Pintar Tematik ) TERHADAP
PEMBELAJARAN
TEMATIK KELAS I
SEMESTER
I
1.
LATAR BELAKANG MASALAH
Proses pembelajaran merupakan kegiatan belajar dan
mengajar yang melibatkan pendidik dan peserta didik. Dunia pendidikan yang
semakin berkembang menuntut sebuah pembelajan yang berbeda. Salah satu bentuk
upaya untuk mencapai hal tersebut yaitu dengan munculnya kurikulum baru yaitu
kurikulum k13. Dalam permendikbud Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan
Dasar dan Menengah menyebutkan “ Sesuai
dengan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi, maka prinsip pembelajaran
yang digunakan dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran terpadu.”
Kemudia di pertegas kembali dalam permendikbud Nomor 67 tahun 2013 tentang
Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI menyebutkan bahwa, “Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada SD/MI
dilakukan melalui pembelajaran dengan pendekatan tematik-terpadu dari kelas I
sampai kelas VI.” Sampai saat ini, pembelajaran dengan pendekatan
tematik-terpadu masi dianggap membingungkan bagi sebagian pendidik khususnya
golongan terdahulu. [1]
Tematik integratif ( terpadu) adalah pembelajaran
terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga
dapat memberikan pengalaman bermakna bagi siswa/peserta didik.[2] Dengan demikian, pendidik harus bekerja keras
untuk mengantarkan peserta didik dalam mencapai hasil belajar yang optimal.
Hasil belajar dapat tercapai sesuai
dengan apa yang diharapkan tidak hanya didukung dari segi materi saja,
melainkan juga perlu didukung oleh media pembelajaran yang menarik dan
menyenangkan. Salah satunya yaitu aplikasi terhadap pembelajaran. Namun,
terkadang penggunaan media ini cenderung
kurang diperhatikan sehingga peserta didik tidak bersemangat dan cepat merasa bosan dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran yang menjadikan hasil
belajar peserta didik belum bahkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis tertarik untuk meneliti
perlunya Penerapan Aplikasi Tartik (Pintar Tematik) Terhadap Pembelajaran
Tematik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I semester I MI Tarbiyatuddiniyah
tahun pelajaran 2017/2018.
2.
IDENTIFIKASI MASALAH
Berdasarkan observasi peneliti masalah-masalah yang
di alami guru dalam menyampaikan pembelajaran kurikulum 2013.
Secara rinci hal ini dapat di identifikasi yakni :
1.
Belum memadainya
sarana dan pra sarana di sekolah/ madrasah dalam menerapkan kurikulum 2013
khususnya pembelajaran tematik.
2.
Kurangnya
pengetahuan dan ketrampilan pendidik khususnya golongan terdahulu dalam menerapkan
kurikulum 2013 khususnya pembelajaran tematik.
3.
Belum menariknya
media yang seadanya yang di gunakan pendidikan dalam melaksanakan proses
pembelajaran sehingga kurang kegairahan peserta didik dalam mengikuti proses
pembelajaran.
3.
BATASAN MASALAH
Adapun
masalah dalam penelitian ini dibatasi pada permasalahan Penerapan
Aplikasi Tartik (Pintar Tematik) Terhadap Pembelajaran Tematik kelas I semester
I MI Tarbiyatuddiniyah trirahayu pesawaran tahun pelajaran 2017/2018.
4.
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan pembatasan masalah di atas, permasalahan
dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.
Bagaimanakah
validitas dan kemenarikan Penerapan Aplikasi Tartik (Pintar Tematik) Terhadap
Pembelajaran Tematik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I
semester I MI Tarbiyatuddiniyah tahun pelajaran 2017/2018?
2.
Bagaimanakah Penerapan
Aplikasi Tartik (Pintar Tematik) Terhadap Pembelajaran Tematik untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I semester I MI
Tarbiyatuddiniyah tahun pelajaran 2017/2018?
3.
Bagaimanakah
pengaruh penggunaan aplikasi Tartik (Pintar Tematik) terhadap pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar
peserta didik kelas I semester I MI Tarbiyatuddiniyah tahun pelajaran 2017/2018?
5.
TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan
dari penelitian ini adalah:
1.
Untuk mengetahui
Penerapan Aplikasi Tartik (Pintar Tematik) Terhadap Pembelajaran Tematik untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I semester I MI
Tarbiyatuddiniyah tahun pelajaran 2017/2018.
2.
Untuk mengetahui
validitas dan kemenarikan Penerapan Aplikasi Tartik (Pintar Tematik) Terhadap
Pembelajaran Tematik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I
semester I MI Tarbiyatuddiniyah tahun pelajaran 2017/2018.
3.
Untuk mengetahui
pengaruh Penerapan Aplikasi Tartik (Pintar Tematik) Terhadap Pembelajaran
Tematik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I semester I MI
Tarbiyatuddiniyah tahun pelajaran 2017/2018.
6.
MANFAAT
1.
Manfaat bagi
peserta didik adalah mempermudah dan menyenangkan dalam belajar.
2.
Bagi pendidik
mempermudah dalam menyampaikan materi dan mengoptimalkan waktu dalam
melaksanakan pembelajaran
3.
Bagi peneliti
adalah pengalaman dan pengetahuan baru dalam membuat aplikasi Tartik (Pintar
Tematik) terhadap pembelajaran tematik
7.
PRODUK
Applikasi Tartik (Pintar Tematik) Terhadap
Pembelajaran Tematik Kelas I Semester I Madrasah Ibtida’iyah.
Applikasi
ini adalah inovasi bagi pembelajaran tematik di jenjang madrasah ibtida’iyah yang dibuat
dengan harapan dapat membantu pendidik dalam
melaksanakan pembelajaran dengan efisien dan di senangi anak-anak.
Menurut peneliti, anak-anak saat ini senang sekali dengan permainan pada gadget khususnya pada handphone android.
Maka dengan pengamatan tersebut peneliti ingin membuat applikasi pembelajaran
yang di dalamnya memuat semua materi tematik khususnya di kelas I semester I
dan bisa di akses dari HP maupun personal
computer.
Selain itu juga peneliti mengamati pendidik
yang kesulitan dengan pelaksanaan pembelajaran tematik khususnya Pendidik yang
terdahulu yang menggunakan pembelajaran pada kurikulum KTSP. Mereka terlihat kesulitan
dalam menggunakan atau membuat media
pembelajaran, akhirnya mereka menggunakan kurikulum 2013 namun penerapannya
menggunakan Kurikulum KTSP. Dengan applikasi
ini di harapkan akan mempermudah pendidik dalam melaksanakan tugasnya.
Dalam
applikasi ini di lengkapi dengan materi dan soal–soal latihan serta permainan,
video dan music ( lagu) yang berkaitan dengan
tema yang di laksanakan yang akan membuat peserta didik dapat mencapai tujuan
pembelajaran yang sesuai dengan harapan pendidik dan tuntutan zaman.
Daftar Pustaka
KEMENDIKBUD,DIRJEN
DIKDAS, dan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Buku Panduan Teknis Kurikulum 2013 Sekolah dasar. Jakarta: 2013
Robert
E. Slavin, Coorperative Learning
Teori,Riset dan Praktik, Nusa Indah Media. Bandung : 2005
Amri
Sofan dan Iif Khoiru Ahmadi, Pengembangan
& Model Pembelajaran Tematik, PT. Prestasi Pustakaraya. Jakarta : 2014
[1] KEMENDIKBUD
DIR JEND. PEND.DASAR DIREKTORIAT PEMBINAAN DASAR tahun 2013 , Buku Panduan Teknis . Hal. 3
[2] Iif
Khoiru Ahmadi dan Sofan Amri, Pengembangan
dan Model Pembelajaran TematiK Integratif
Hal. 94
Comments
Post a Comment