CONTOH PROPOSAL PENGAJUAN JUDUL SKRIPSI R AND D


PROPOSAL PENGAJUAN JUDUL SKRIPSI UNTUK MEMENUHI TUGAS UNTUK MEMPEROLEH GELAR SARJANA S1(S.Pd)


 










Di susun oleh :
Nama               :  Mustar Febrianto
NPM               : 1411100227
Jurusan            : Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah


Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Tahun Ajaran 2017 M/1438 H

PENERAPAN APLIKASI TARTIK (Pintar Tematik ) TERHADAP
PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I
SEMESTER I

                                                                        
1.      LATAR BELAKANG MASALAH
Proses pembelajaran merupakan kegiatan belajar dan mengajar yang melibatkan pendidik dan peserta didik. Dunia pendidikan yang semakin berkembang menuntut sebuah pembelajan yang berbeda. Salah satu bentuk upaya untuk mencapai hal tersebut yaitu dengan munculnya kurikulum baru yaitu kurikulum k13. Dalam permendikbud Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan “ Sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi, maka prinsip pembelajaran yang digunakan dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran terpadu.” Kemudia di pertegas kembali dalam permendikbud Nomor 67 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI menyebutkan bahwa, “Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada SD/MI dilakukan melalui pembelajaran dengan pendekatan tematik-terpadu dari kelas I sampai kelas VI.” Sampai saat ini, pembelajaran dengan pendekatan tematik-terpadu masi dianggap membingungkan bagi sebagian pendidik khususnya golongan terdahulu. [1]
Tematik integratif ( terpadu) adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi siswa/peserta didik.[2]  Dengan demikian, pendidik harus bekerja keras untuk mengantarkan peserta didik dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Hasil  belajar dapat tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan tidak hanya didukung dari segi materi saja, melainkan juga perlu didukung oleh media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Salah satunya yaitu aplikasi terhadap pembelajaran. Namun, terkadang penggunaan media ini  cenderung kurang diperhatikan sehingga peserta didik tidak bersemangat dan  cepat merasa bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang menjadikan  hasil belajar peserta didik belum bahkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.
Berdasarkan latar belakang  tersebut, maka penulis tertarik untuk meneliti perlunya Penerapan Aplikasi Tartik (Pintar Tematik) Terhadap Pembelajaran Tematik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I semester I MI Tarbiyatuddiniyah tahun pelajaran 2017/2018.

2.      IDENTIFIKASI MASALAH
Berdasarkan observasi peneliti masalah-masalah yang di alami guru dalam menyampaikan pembelajaran kurikulum 2013.
Secara rinci hal ini dapat di identifikasi yakni :
1.      Belum memadainya sarana dan pra sarana di sekolah/ madrasah dalam menerapkan kurikulum 2013 khususnya pembelajaran tematik.
2.      Kurangnya pengetahuan dan ketrampilan pendidik khususnya golongan terdahulu dalam menerapkan kurikulum 2013 khususnya pembelajaran tematik.
3.      Belum menariknya media yang seadanya yang di gunakan pendidikan dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga kurang kegairahan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.


3.      BATASAN MASALAH
Adapun  masalah dalam penelitian ini dibatasi pada permasalahan Penerapan Aplikasi Tartik (Pintar Tematik) Terhadap Pembelajaran Tematik kelas I semester I MI Tarbiyatuddiniyah trirahayu pesawaran tahun pelajaran 2017/2018.



4.      RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan pembatasan masalah di atas, permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.      Bagaimanakah validitas dan kemenarikan Penerapan Aplikasi Tartik (Pintar Tematik) Terhadap Pembelajaran Tematik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I semester I MI Tarbiyatuddiniyah tahun pelajaran 2017/2018?
2.      Bagaimanakah Penerapan Aplikasi Tartik (Pintar Tematik) Terhadap Pembelajaran Tematik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I semester I MI Tarbiyatuddiniyah tahun pelajaran 2017/2018?
3.      Bagaimanakah pengaruh penggunaan aplikasi Tartik (Pintar Tematik) terhadap pembelajaran  tematik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I semester I MI Tarbiyatuddiniyah tahun pelajaran 2017/2018?

5.      TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah:
1.      Untuk mengetahui Penerapan Aplikasi Tartik (Pintar Tematik) Terhadap Pembelajaran Tematik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I semester I MI Tarbiyatuddiniyah tahun pelajaran 2017/2018.
2.      Untuk mengetahui validitas dan kemenarikan Penerapan Aplikasi Tartik (Pintar Tematik) Terhadap Pembelajaran Tematik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I semester I MI Tarbiyatuddiniyah tahun pelajaran 2017/2018.
3.      Untuk mengetahui pengaruh Penerapan Aplikasi Tartik (Pintar Tematik) Terhadap Pembelajaran Tematik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I semester I MI Tarbiyatuddiniyah tahun pelajaran 2017/2018.


6.      MANFAAT
1.      Manfaat bagi peserta didik adalah mempermudah dan menyenangkan dalam belajar.
2.      Bagi pendidik mempermudah dalam menyampaikan materi dan mengoptimalkan waktu dalam melaksanakan pembelajaran
3.      Bagi peneliti adalah pengalaman dan pengetahuan baru dalam membuat aplikasi Tartik (Pintar Tematik) terhadap pembelajaran  tematik

7.      PRODUK
Applikasi Tartik (Pintar Tematik) Terhadap Pembelajaran Tematik Kelas I Semester I Madrasah Ibtida’iyah.
            Applikasi ini adalah inovasi bagi pembelajaran tematik di jenjang madrasah  ibtida’iyah  yang  dibuat dengan harapan dapat membantu pendidik dalam  melaksanakan pembelajaran dengan efisien dan di senangi anak-anak. Menurut peneliti, anak-anak saat ini senang sekali dengan permainan  pada gadget khususnya pada handphone android. Maka dengan pengamatan tersebut peneliti ingin membuat applikasi pembelajaran yang di dalamnya memuat semua materi tematik khususnya di kelas I semester I dan bisa di akses dari HP maupun  personal computer.
             Selain itu juga peneliti mengamati pendidik yang kesulitan dengan pelaksanaan pembelajaran tematik khususnya Pendidik yang terdahulu yang menggunakan pembelajaran pada kurikulum KTSP. Mereka terlihat kesulitan dalam menggunakan atau  membuat media pembelajaran, akhirnya mereka menggunakan kurikulum 2013 namun penerapannya menggunakan Kurikulum KTSP.  Dengan applikasi ini di harapkan akan mempermudah pendidik dalam melaksanakan tugasnya.
            Dalam applikasi ini di lengkapi dengan materi dan soal–soal latihan serta permainan, video dan music ( lagu)  yang berkaitan dengan tema yang di laksanakan yang akan membuat peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan harapan pendidik dan tuntutan zaman.
Daftar Pustaka

KEMENDIKBUD,DIRJEN DIKDAS, dan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Buku Panduan Teknis Kurikulum 2013 Sekolah dasar. Jakarta: 2013
Robert E. Slavin, Coorperative Learning Teori,Riset dan Praktik, Nusa Indah Media. Bandung : 2005
Amri Sofan dan Iif Khoiru Ahmadi, Pengembangan & Model Pembelajaran Tematik, PT. Prestasi Pustakaraya. Jakarta : 2014



[1] KEMENDIKBUD DIR JEND. PEND.DASAR DIREKTORIAT PEMBINAAN DASAR tahun 2013 , Buku Panduan Teknis   . Hal. 3
[2] Iif Khoiru Ahmadi dan Sofan Amri, Pengembangan dan Model Pembelajaran TematiK Integratif  Hal. 94

Comments

Popular posts from this blog

Logo IBI (Ikatan Bidan Indonesia)

RPP AKIDAH AKHLAK

Keuntungan Menyekolahkan Anak Di Madrasah