PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS II MI TARBIYATUDDINIYAH TRIRAHAYU KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018


PROPOSAL PENGAJUAN JUDUL SKRIPSI UNTUK MEMENUHI TUGAS UNTUK MEMPEROLEH GELAR SARJANA S1(S.Pd)


 










Di susun oleh :
Nama               :  Mustar Febrianto
NPM               : 1411100227
Jurusan            : Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah


Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Tahun Ajaran 2017 M/1438 H
PENGARUH MODEL  PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR  IPA PESERTA DIDIK KELAS II MI TARBIYATUDDINIYAH TRIRAHAYU KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
A.     Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi peserta didik supaya mampu menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya, dan dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkan akan berfungsi dalam kehidupan masyarakat. Pengajaran bertugas mengarahkan proses ini gar sasaran dari perubahan itu dapat tercapai sebagaimana yang diinginkan.
Dalam arti sederhana pendidikan sering diartiakan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai didalam masyarakat dan kebudayaan. Dalam perkembangannya, istilah pendidikan atau paedagogie berarti bimbingan atau pertolongan yang diberikan dengan sengaja oleh orang dewasa agar ia  menjadi dewasa.
Ilmu pengetahuan alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari lebih lanjut dalam menerapkannya didalam kehidupan sehari-hari.
Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah masih lemahnya proses dalam sebuah pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, peserta didik kurang untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan kurang bervariasinya guru dalam menggunakan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar sehingga  berdampak pada hasil belajar peserta didik yang tergolong masih dibawah standar dari yang ditetapkan oleh pemerintah
Salah satu aspek penting hasil belajar terdapat pada ranah kognitif. Untuk memperbaiki hasil belajar, diperlukan pembelajaran yangdapat membuat pelajaran IPA menjadi pelajaran yang mudah dimengerti dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik aktif untuk meningkatkan hasil belajar IPA adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) atau penomoran berfikir bersama merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional.

B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang dikemukakan di atas, dapat diidentifikasi masalah-masalah sebagai berikut:
1.      Proses pembelajaran IPA di kelas kurang efektif.
2.      Kurang bervariasinya dalam menggunakan Model pembelajaran dalam proses belajar mengajar
3.      Peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran

C.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka peneliti  merumuskan masalah sebagai berikut “Apakah Terdapat Pengaruh Antara Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas II MI Tarbiyatuddiniyah Trirahayu Kabupaten Pesawaran Tahun Pelajaran 2017/2018?”
D.    Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah yang diuraikan diatas, maka penulis menyimpulkan tujuan penelitian metode ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar IPA kelas  II MI Tarbiyatuddiniyah Trirahayu Kabupaten Pesawaran Tahun Pelajaran 2017/2018.



E.     Metode
Penelitian dalam proposal ini merupakan penelitian kuantitatif, karena masalah yang di bawa peneliti harus  sudah jelas dan data penelitian berupa angka dan analisis menggunakan statitistik. Salah satu dari tujuan ilmu adalah melakukan prediksi, cara yang terbaik untuk menemukan prediksi adalah eksperimen. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode eksperimen
F.      Daftar Pustaka

Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik, oemar. 1994. Kurikulum dan pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara
Sapriati, Amalia dkk. 2014. Pembelajaran IPA di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Syaiful Bahri Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Rineka Cipta
Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hasbullah. 2013. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan.jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono,2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D:Alfabeta




Comments

Popular posts from this blog

Logo IBI (Ikatan Bidan Indonesia)

RPP AKIDAH AKHLAK

Keuntungan Menyekolahkan Anak Di Madrasah