PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS II MI TARBIYATUDDINIYAH TRIRAHAYU KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
PROPOSAL
PENGAJUAN JUDUL SKRIPSI UNTUK MEMENUHI TUGAS UNTUK MEMPEROLEH GELAR SARJANA
S1(S.Pd)
Di susun oleh :
Nama
: Mustar
Febrianto
NPM
: 1411100227
Jurusan :
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Tahun Ajaran 2017 M/1438 H
PENGARUH
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS II MI TARBIYATUDDINIYAH
TRIRAHAYU KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
A.
Latar Belakang Masalah
Pendidikan
adalah suatu proses dalam rangka
mempengaruhi peserta didik supaya mampu menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan
lingkungannya, dan dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya
yang memungkinkan akan berfungsi dalam kehidupan masyarakat. Pengajaran
bertugas mengarahkan proses ini gar sasaran dari perubahan itu dapat tercapai
sebagaimana yang diinginkan.
Dalam
arti sederhana pendidikan sering diartiakan sebagai usaha manusia untuk membina
kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai didalam masyarakat dan kebudayaan.
Dalam perkembangannya, istilah pendidikan atau paedagogie berarti bimbingan
atau pertolongan yang diberikan dengan sengaja oleh orang dewasa agar ia menjadi dewasa.
Ilmu
pengetahuan alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara
sistematis, sehingga IPA bukan hanya pengetahuan yang berupa fakta-fakta,
konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses
penemuan. Pendidikan IPA diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik
untuk mempelajari lebih lanjut dalam menerapkannya didalam kehidupan
sehari-hari.
Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita
adalah masih lemahnya proses dalam sebuah pembelajaran. Dalam proses
pembelajaran, peserta didik kurang untuk mengembangkan kemampuan berpikir
dan kurang
bervariasinya guru dalam menggunakan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik
yang tergolong masih dibawah standar dari yang ditetapkan oleh pemerintah
Salah satu aspek penting hasil belajar terdapat pada
ranah kognitif. Untuk memperbaiki hasil belajar, diperlukan pembelajaran
yangdapat membuat pelajaran IPA menjadi pelajaran yang mudah dimengerti dan
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran yang dapat
membuat peserta didik aktif untuk meningkatkan hasil belajar IPA adalah model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) atau penomoran berfikir bersama
merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola
interaksi peserta didik dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas
tradisional.
B.
Identifikasi
Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah yang dikemukakan di atas, dapat diidentifikasi
masalah-masalah sebagai berikut:
1.
Proses pembelajaran IPA
di kelas kurang efektif.
2.
Kurang
bervariasinya dalam menggunakan Model pembelajaran dalam proses belajar mengajar
3. Peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran
C. Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah tersebut, maka peneliti
merumuskan masalah sebagai berikut “Apakah Terdapat Pengaruh Antara
Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas
II MI Tarbiyatuddiniyah Trirahayu Kabupaten Pesawaran Tahun Pelajaran 2017/2018?”
D. Tujuan
Berdasarkan
rumusan masalah yang diuraikan diatas, maka penulis menyimpulkan tujuan
penelitian metode ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif
tipe NHT terhadap hasil belajar IPA kelas
II MI Tarbiyatuddiniyah
Trirahayu Kabupaten Pesawaran Tahun Pelajaran 2017/2018.
E.
Metode
Penelitian dalam
proposal ini merupakan penelitian kuantitatif, karena masalah yang di bawa
peneliti harus sudah jelas dan data
penelitian berupa angka dan analisis menggunakan statitistik. Salah satu dari
tujuan ilmu adalah melakukan prediksi, cara yang terbaik untuk menemukan
prediksi adalah eksperimen. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah
metode eksperimen
F.
Daftar Pustaka
Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain.
2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rineka Cipta
Hamalik,
Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar.
Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik,
oemar. 1994. Kurikulum dan pembelajaran.
Bandung: Bumi Aksara
Sapriati, Amalia dkk. 2014. Pembelajaran IPA di SD. Tangerang
Selatan: Universitas Terbuka
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah
Dasar. Jakarta: Kencana
Syaiful
Bahri Djamarah. 2008. Psikologi Belajar.
Rineka Cipta
Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya.
Jakarta: PT Bumi Aksara
Hasbullah. 2013. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan.jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono,2011. Metode penelitian
kuantitatif, kualitatif, dan R&D:Alfabeta
Comments
Post a Comment