PENGARUH PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRTATIFPADA TEMA 2 (KEGEMARANKU) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIKKELAS I SEMESTER I MI TARBIYATUDDINIYAH TAHUN AJARAN 2017/2018


PROPOSAL PENGAJUAN JUDUL SKRIPSI UNTUK MEMENUHI TUGAS UNTUK MEMPEROLEH GELAR SARJANA S1(S.Pd)


 










Di susun oleh :
Nama               :  Mustar Febrianto
NPM               : 1411100227
Jurusan            : Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah


Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Tahun Ajaran 2017 M/1438 H

PENGARUH PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRTATIFPADA TEMA 2 (KEGEMARANKU) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIKKELAS I SEMESTER I MI TARBIYATUDDINIYAH TAHUN AJARAN 2017/2018

                                                                        
A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Proses pembelajaran merupakan kegiatan belajar dan mengajar yang melibatkan pendidik dan peserta didik. Dunia pendidikan yang semakin berkembang menuntut sebuah pembelajan yang berbeda. Salah satu bentuk upaya untuk mencapai hal tersebut yaitu dengan munculnya kurikulum baru yaitu kurikulum k13. Dalam permendikbud Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan “ Sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi, maka prinsip pembelajaran yang digunakan dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran terpadu.” Kemudia di pertegas kembali dalam permendikbud Nomor 67 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI menyebutkan bahwa, “Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada SD/MI dilakukan melalui pembelajaran dengan pendekatan tematik-terpadu dari kelas I sampai kelas VI.” Sampai saat ini, pembelajaran dengan pendekatan tematik-terpadu masi dianggap membingungkan bagi sebagian pendidik khususnya golongan terdahulu. [1]
Tematik integratif ( terpadu) adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi siswa/peserta didik.[2]  Dengan demikian, pendidik harus bekerja keras untuk mengantarkan peserta didik dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Hasil  belajar dapat tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan tidak hanya didukung dari segi materi saja, melainkan juga perlu didukung oleh media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Salah satunya yaitu aplikasi terhadap pembelajaran. Namun, terkadang penggunaan media ini  cenderung kurang diperhatikan sehingga peserta didik tidak bersemangat dan  cepat merasa bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang menjadikan  hasil belajar peserta didik belum bahkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.
Berdasarkan latar belakang  tersebut, maka penulis tertarik untuk meneliti perlunya pengaruh pembelajaran tematik integrtatif pada tema 2 (kegemaranku) dengan model pembelajaran tipe nht(number head together) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I semester I MI Tarbiyatuddiniyah tahun pelajaran 2017/2018.

B.     IDENTIFIKASI MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah yang dikemukakan di atas, dapat diidentifikasi masalah-masalah sebagai berikut:
1)      Proses pembelajaran TEMATIK di kelas kurang efektif.
2)      Kurang bervariasinya dalam menggunakan Model pembelajaran dalam proses belajar mengajar
3)      Peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran
4)      Belum terlaksananya program dari kurikulum 2013 secara maksimal.

C.    BATASAN MASALAH
Adapun  masalah dalam penelitian ini dibatasi pada permasalahan pengaruh pembelajaran tematik integrtatif pada tema 2 (kegemaranku) dengan model pembelajaran tipe NHT(Number Head Together) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I semester I MI Tarbiyatuddiniyah tahun pelajaran 2017/2018.





D.    RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan pembatasan masalah di atas, permasalahan dalam penelitian ini Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka peneliti  merumuskan masalah sebagai berikut “Apakah Terdapat pengaruh pembelajaran tematik integrtatif pada tema 2 (kegemaranku) dengan model pembelajaran tipe NHT(Number Head Together) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I semester I MI Tarbiyatuddiniyah tahun pelajaran 2017/2018?”

E.   METODE
Penelitian dalam proposal ini merupakan penelitian kuantitatif, karena masalah yang di bawa peneliti harus  sudah jelas dan data penelitian berupa angka dan analisis menggunakan statitistik. Salah satu dari tujuan ilmu adalah melakukan prediksi, cara yang terbaik untuk menemukan prediksi adalah eksperimen. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode eksperimen.










F.    Daftar Pustaka

Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik, oemar. 1994. Kurikulum dan pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Syaiful Bahri Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Rineka Cipta
Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hasbullah. 2013. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan.jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono,2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D:Alfabeta
KEMENDIKBUD,DIRJEN DIKDAS, dan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Buku Panduan Teknis Kurikulum 2013 Sekolah dasar. Jakarta: 2013
Robert E. Slavin, Coorperative Learning Teori,Riset dan Praktik, Nusa Indah Media. Bandung : 2005


[1] KEMENDIKBUD DIR JEND. PEND.DASAR DIREKTORIAT PEMBINAAN DASAR tahun 2013 , Buku Panduan Teknis   . Hal. 3
[2] Iif Khoiru Ahmadi dan Sofan Amri, Pengembangan dan Model Pembelajaran TematiK Integratif  Hal. 94

Comments

Popular posts from this blog

Logo IBI (Ikatan Bidan Indonesia)

RPP AKIDAH AKHLAK

Keuntungan Menyekolahkan Anak Di Madrasah