PENGARUH PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRTATIFPADA TEMA 2 (KEGEMARANKU) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIKKELAS I SEMESTER I MI TARBIYATUDDINIYAH TAHUN AJARAN 2017/2018
PROPOSAL
PENGAJUAN JUDUL SKRIPSI UNTUK MEMENUHI TUGAS UNTUK MEMPEROLEH GELAR SARJANA
S1(S.Pd)
Di susun oleh :
Nama
: Mustar
Febrianto
NPM
: 1411100227
Jurusan :
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Tahun Ajaran 2017 M/1438 H
PENGARUH
PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRTATIFPADA TEMA 2 (KEGEMARANKU) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT (NUMBER HEAD
TOGETHER) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIKKELAS I SEMESTER I MI
TARBIYATUDDINIYAH TAHUN AJARAN 2017/2018
A.
LATAR BELAKANG MASALAH
Proses
pembelajaran merupakan kegiatan belajar dan mengajar yang melibatkan pendidik
dan peserta didik. Dunia pendidikan yang semakin berkembang menuntut sebuah
pembelajan yang berbeda. Salah satu bentuk upaya untuk mencapai hal tersebut
yaitu dengan munculnya kurikulum baru yaitu kurikulum k13. Dalam permendikbud
Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
menyebutkan “ Sesuai dengan Standar
Kompetensi Lulusan dan Standar Isi, maka prinsip pembelajaran yang digunakan
dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran terpadu.” Kemudia di pertegas
kembali dalam permendikbud Nomor 67 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan
Struktur Kurikulum SD/MI menyebutkan bahwa, “Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada SD/MI dilakukan melalui pembelajaran
dengan pendekatan tematik-terpadu dari kelas I sampai kelas VI.” Sampai
saat ini, pembelajaran dengan pendekatan tematik-terpadu masi dianggap
membingungkan bagi sebagian pendidik khususnya golongan terdahulu. [1]
Tematik
integratif ( terpadu) adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk
mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman
bermakna bagi siswa/peserta didik.[2] Dengan demikian, pendidik harus bekerja keras
untuk mengantarkan peserta didik dalam mencapai hasil belajar yang optimal.
Hasil belajar dapat tercapai sesuai
dengan apa yang diharapkan tidak hanya didukung dari segi materi saja,
melainkan juga perlu didukung oleh media pembelajaran yang menarik dan
menyenangkan. Salah satunya yaitu aplikasi terhadap pembelajaran. Namun,
terkadang penggunaan media ini cenderung
kurang diperhatikan sehingga peserta didik tidak bersemangat dan cepat merasa bosan dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran yang menjadikan hasil
belajar peserta didik belum bahkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.
Berdasarkan
latar belakang tersebut, maka penulis
tertarik untuk meneliti perlunya pengaruh pembelajaran tematik integrtatif pada
tema 2 (kegemaranku) dengan model
pembelajaran tipe nht(number head together) untuk meningkatkan hasil belajar
peserta didik kelas I semester I MI Tarbiyatuddiniyah tahun pelajaran
2017/2018.
B.
IDENTIFIKASI MASALAH
Berdasarkan
latar belakang masalah yang dikemukakan di atas, dapat diidentifikasi
masalah-masalah sebagai berikut:
1)
Proses pembelajaran TEMATIK di kelas kurang efektif.
2)
Kurang
bervariasinya dalam menggunakan Model pembelajaran dalam
proses belajar mengajar
3)
Peserta didik kurang aktif dalam proses
pembelajaran
4)
Belum
terlaksananya program dari kurikulum 2013 secara maksimal.
C.
BATASAN MASALAH
Adapun masalah dalam penelitian ini dibatasi pada
permasalahan pengaruh pembelajaran tematik integrtatif pada tema 2 (kegemaranku) dengan model pembelajaran
tipe NHT(Number Head Together) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik
kelas I semester I MI Tarbiyatuddiniyah tahun pelajaran 2017/2018.
D.
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan
pembatasan masalah di atas, permasalahan dalam penelitian ini Berdasarkan
latar belakang masalah tersebut, maka peneliti
merumuskan masalah sebagai berikut “Apakah Terdapat pengaruh
pembelajaran tematik integrtatif pada tema 2 (kegemaranku) dengan model pembelajaran tipe NHT(Number Head
Together) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I semester I MI
Tarbiyatuddiniyah tahun pelajaran 2017/2018?”
E.
METODE
Penelitian
dalam proposal ini merupakan penelitian kuantitatif, karena masalah yang di
bawa peneliti harus sudah jelas dan data
penelitian berupa angka dan analisis menggunakan statitistik. Salah satu dari
tujuan ilmu adalah melakukan prediksi, cara yang terbaik untuk menemukan
prediksi adalah eksperimen. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah
metode eksperimen.
F.
Daftar Pustaka
Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain.
2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi
Aksara
Hamalik, oemar. 1994. Kurikulum dan pembelajaran. Bandung:
Bumi Aksara
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah
Dasar. Jakarta: Kencana
Syaiful Bahri Djamarah.
2008. Psikologi Belajar. Rineka Cipta
Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya.
Jakarta: PT Bumi Aksara
Hasbullah. 2013. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan.jakarta:
Rajawali Pers
Sugiyono,2011. Metode
penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D:Alfabeta
KEMENDIKBUD,DIRJEN
DIKDAS, dan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Buku Panduan Teknis Kurikulum 2013 Sekolah dasar. Jakarta: 2013
Robert
E. Slavin, Coorperative Learning
Teori,Riset dan Praktik, Nusa Indah Media. Bandung : 2005
[1]
KEMENDIKBUD DIR JEND. PEND.DASAR DIREKTORIAT PEMBINAAN DASAR tahun 2013 , Buku Panduan Teknis . Hal. 3
[2]
Iif Khoiru Ahmadi dan Sofan Amri, Pengembangan
dan Model Pembelajaran TematiK Integratif
Hal. 94
Comments
Post a Comment