RPP K13 KELAS 1 SD RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)


RPP K13 KELAS 1 SD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

MADRASAH                           : MI. TARBIYATUDDINIYAH
MAPEL                                    : PKN
KELAS / SEMESTER             : 1 / II
MATERI POKOK                    : MENGENAL BURUNG GARUDA
ALOKASI WAKTU                : 2 JAM PELAJARAN  X 1 PERTEMUAN


A. Kompetensi Inti                                       
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
B. Kompetensi Dasar
  1. 3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
  2. 4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila.
C. Indikator
  1. Menirukan sila-sila dalam Pancasila yang dibacakan oleh guru
  2. Memasangkan simbol-simbol sila Pancasila dengan sila-sila pada Pancasila
D. Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa mampu Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
  2. Siswa mampu Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila.
  3. Siswa mampu Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila.
E. Materi Pembelajaran :
    simbol-simbol dalam Pancasila

F. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
    Metode : diskusi kelompok, tanya jawab, demontrasi
    Pendekatan : scientific
G. Media, Alat dan Sumber Belajar
  1. Media : ambar burung garuda
  2. Alat : gunting, kertas
  3. Sumber Belajar : Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 1 semester 2 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 1 semester 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
G. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
  • salam
  • Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing,
  • Guru dan siswa tanya jawab pembelajaran sebelumnya
  • Dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
  • Siswa mendengarkan guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu garuda pancasila .
10 menit
Kegiatan Inti
  • Siswa dipersilakan mengajukan pertanyaan tentang lagu yang telah dinyanyikan.
  • Siswa di minta untuk mengambar burung garuda beserta simbol-simbolnya.
  • Guru menunjukkan bahwa setiap simbol mewakili setiap sila dari Pancasila.
  • Siswa berlomba menggambar  simbol sila-sila dalam Pancasila secara mandiri.
  • Siswa mengamati gambar bintang sebagai simbol sila pertama dan diminta menyebutkan dengan lantang bunyi dari sila pertama.
40 menit

Kegiatan Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a penutup.
  • Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a)      Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b)      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.
10 menit
H. Penilaian
1. Prosedur Penilaian
a)      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b)      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
2. Instrumen Penilaian
3. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
4. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.

Mengetahui                                                                              23, Desember 2016
Kepala Sekolah,                                                                                   Mahasiswa,

ROSITI, M.Pd                                                                          MUSTAR FEBRIANTO
NIP. …………………………                                                               NIP………………………….

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Logo IBI (Ikatan Bidan Indonesia)

Keuntungan Menyekolahkan Anak Di Madrasah