Pendidikan karakter dasa dharma kedua



cinta alam dan kasih sayang sesama manusia adalah dasa dharma yang kedua dari pramuka.
didalamnya banya karakter yang mendidik anggota pramuka agar senantiasa cinta terhadap lingkungan dangan menjaga alam dan kelestariannya.
sedangkan untuk point kedua yakni kasih sayang sesama manusia merupakan sikap atau karakter sosial yang ingin diterapkan kepada setiap anggota pramuka itu sendiri.
untuk lebih jelasnya ini beberapa penjelasan versi penulis,



  • CINTA ALAM 
Cinta alam berasal dari kata "Cinta" yang berarti kita harus menjaga dan rela berkorban bukan hanya menikamati hasilnya. kata cinta ini di tujukan agar muncul nya hasrat bagi anggota pramuka dalam melakukan kegiatannya senantiasa menimbulkan rasa cinta.
kemudian Alam, seperti yang kita ketahui banyak definisi tentang alam namun penulis mendefinisikan dengan lingkungan sekitar, baik itu lingkungan rumah,sekolah,atau pun masyarakat. bahkan ketika di hutan pun juga termasuk dalam definisi alam.

jadi cinta alam merupakan karakter anggota pramuka yang mencintai dan rela berkorban,senantiasa menjaga keutuhan dan kelestarian lingkungan dia berada. bukan hanya memanfaatkan alam namun juga menjaga semua yang ada di alam.
contoh sederhananya adalah: ketika seorang anggota pramuka melakukan bersih bersih di rumah,sekolah,atau di masyarakat.
itu merupakan bukti dari cinta alam tersebut.
selain itu juga masih banyak contoh yang lainnya.


  • KASIH SAYANG SESAMA MANUSIA 

hampir sama dengan cinta namun kasih sayang yang di sini digunakan dalam cara bermasyarakat seorang anggota pramuka.
kasih sayang antara anggota,kasih sayang kepada kakak tingkat,pembina,dan masyarakat secara umum.
karakter yang di harapkan membuat anggota bisa memahami dan menghargai setiap individu baik yang lebih muda dan kepada yang lebih tua, pada akhirnya dapat menjadi habit(kebiasaan) dalam pergaulan sehari hari.
dengan kita memahami setiap dasa dharma yang berarti 10 karakter yang harus dilksanakan setiap anggota pramuka maka kita akan bisa menjadi manusia yang berbudi luhur dan disegani masyarakat dunia.

semoga bermanfaat dan jangan lupa komen di bawah ini agar penulis dapat mengembangkan kesalahannya. terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Logo IBI (Ikatan Bidan Indonesia)

MAKALAH PANCASILA SEBAGAI SUMBER ETIKA AKADEMIK

RPP AKIDAH AKHLAK